Tuesday, March 31, 2009

SENI BERKOMUNIKASI

Ini sebernarnya di ambil dari blog teman tapi saya sudah lupa karena sudah berapa bulan yang lalu , nah tadi pas buka2 folder ehh..ketemu dan menurut saya sangat bagus jadi ta posting disini deh...

Suatu kali seorang juragan tembakau paling kaya di Madura ingin jalan-jalan ke ibukota Jakarta. Karena hasil panennya sukses besar, ia memutuskan untuk pergi ke Jakarta dengan menggunakan pesawat. Pada saat naik pesawat, dia langsung duduk di depan di business class, padahal tiket dia kelas ekonomi. Tidak lama berselang, seorang business man naik pesawat dan mendapati kursinya telah diduduki oleh penumpang lain, maka terjadilah peristiwa seperti berikut:
Business man : Ma’af pak ini tempat duduk saya.
Juragan : Sampeyan siapa (tanya Si Juragan kepada business man)
Business man : Saya penumpang.
Juragan : Lho sesama penumpang kok ser-ngoser.
itu kan masih banyak kursi yang lain. Sampeyan dodok saja disana.
Karena tidak ingin terjadi keributan maka si businessman menemui pramugari dan mengadukan hal tersebut. Dan setelah mengecek ticket milik business man, si pramugari menghampiri si Juragan.
Pramugari : Ma’af pak, bapak tidak boleh duduk di sini. Tempat bapak di belakang.
Juragan : Sampeyan siapa (tanya Si Juragan kepada pramugari)
Pramugari : Saya Pramugari.
Juragan : Apa itu pramugari saya ndak tahu, apa kerjaan sampeyan…?!
Pramugari : Saya bertugas melayani bapak.
Juragan : Lho sampeyan tugasnya melayani saya kok ser-ngoser, saya ndak mau (hardik si Juragan)
Karena kehabisan akal si pramugari menjumpai Kapten dan mohon bantuan atas perihal tersebut. Kapten pun mendatangi si Juragan.
Kapten : Ma’af pak, tempat duduk ini milik bapak yang itu, jadi bapak harus duduk di tempat yang lain.
Juragan : Sampeyan siapa (tanya si Juragan dengan kesal)
Kapten : Saya pilot.
Juragan : Apa itu pilot, apa kerjaan sampeyan.
Kapten : Saya yang nyopir pesawat ini.
Juragan : Saya naik bis ndak pernah di ser-oser sama sopir. Pokoknya saya mau duduk disini.
Akhirnya semua kehabisan akal dengan ulah si Juragan. Tak lama kemudian ada penumpang yang baru naik, Mbok Bariyah. Mbok Bariyah tanya kepada pramugari ada apa kok rame-rame gini?
Langsung saja pramugari menceritakan kejadian yang sebenarnya dan minta pertolongan kepada Mbok Bariyah.
Pramugari : ehh, mbok Bariyah, selamat siang. Mbok tolong saya ya, ada penumpang yang bikin repot nih.
Mbok Bariyah : Penumpang yang mana.
Pramugari : Itu, bapak yang duduk didepan itu, harusnya duduk di kelas ekonomi tapi dia
terlanjur duduk di kelas bisnis, tempatnya bapak ini.
Mbok Bariyah : ooh, gampang itu, serahkan saja ambek saya, pokoknya ditanggung beres.
Serta-merta mbok Bariyah menghampiri Sang Juragan.
Mbok Bariyah : He..He.. pak sampeyan mau kemana.
Juragan : Oh, saya mau ke Jakarta.
Mbok Bariyah : Lho…sampeyan salah pak, tempat duduk ini untuk tujuan Batam, kalau ke Jakarta tempatnya disana, disebelah belakang. Itu tempat sampeyan masih kosong.
Juragan: Oh…gitu.., ini untuk yang mau ke Batam ya….untung ketemu sampeyan Mbok, kalau tidak saya bisa kesasar…….terema…..terema kasih…. Ya
Teman, terkadang peraturan tidak selamanya bisa diterapkan secara letterlek. Diperlukan komunikasi yang baik serta menggunakan taktik dan strategi yang disesuaikan dengan kondisi yang ada.




Related Article:

12 comments:

AnIe... said...

hidup mbok bariyah...

jerova said...

keren..lucu tapi memberikan ilmu hehe

insurance said...

mbok bariya..mbok bariyah..ckckckc

cheese said...

hello

NATRAVILOVA said...

nice blog

Fahmi Rizwansyah said...

Sip sobat, aku juga sering harus menerapkan seni berkomunikasi ketika menghadapi klien atau anakku sendiri. Secara tuntutan mereka semakin hari semakin banyak.
Thanks for sharing yaa...

Cheers, frizzy.

♥ Neng Aia ♥ said...

lucu. :)

Li said...

hehehehe....bisa aja niy....

dJacK_p0t said...

Gokil2 sob,,keren,,,,wkwkwkwk,,,


ketawa lagi akh wkwkwkwkwk,,,,,uhuk,,,uhuk,,,,


wkwkwkwk,,,,

Ari said...

Wkkk...kkk...kkkk Lucu tapi membuat melek batin

Budiawan Hutasoit said...

ternyata mbok bariyah lebih pinter dari pilotnya ya..dia tau mana 'kursi' yang ke batam, dan mana 'kursi' yang ke jakarta..hehe

eri-communicator said...

seni berkomunikasi mutlak diperlukan bagi kehidupan kita, trimakasih untuk sharingnya sobat

Post a Comment

 
© Copyright by TIPS DUIT  |  Template by Blogspot tutorial