Friday, May 22, 2009

CARA CEPAT DAPAT KERJA

Terkadang untuk mendapatkan suatu pekerjaan kita membutuhkan waktu berminggu-minggu menanti kabar yang tak pasti dari sebuah perusahaan setelah kita mengirimkan lamaran. Tapi ada juga orang yang bertindak smart yang menggunakan cara jitu untuk mendapatkan pekerjaan. Suatu waktu ada seorang teman yang minta tolong untuk mendapatkan pekerjaan untuk temannya yang lain. Saya Cuma mengatakan kepadanya untuk memberikan lamaran pak X dan mendistribusikannya ke 3 orang teman saya. Di hari ketiga salah seorang dari teman saya itu mengundang pak X untuk interview. Pak X harus menunggu 2 hari karena hari sabtu dan minggu perusahaan tersebut tutup. Di hari senin pak X mendatangi teman saya ini yang notabene adalah manager di perusahaan asing. Dan di hari itu juga pak X diterima sebagai salah satu karyawan.

Cerita di atas adalah contoh sukses melamar kerja melalu jalur lain yang disebut networking. Alih-alih menunggu lowongan, pak X mencoba menghubungi temannya yang kemudian meneruskannya ke saya hingga akhirnya dia diterima bekerja. Bayangkan jika dia menggunakan jalur lowongan, rajin membuka surat kabar dan mulai mengirim satu-satu, prosesnya pasti tidak secepat itu. Dan itu bukan keajaiban, tapi kejadian wajar yang biasa terjadi di berbagai perusahaan di seluruh dunia.


Sekitar 70-80% pekerjaan yang tersedia di dunia tidak pernah diiklankan. Namanya adalah invisible job market alias lowongan yang tidak terlihat. Banyak perusahaan memiliki lowongan kosong namun mereka mengisinya dengan referensi dari orang lain ataupun dari file-file lamaran yang mereka miliki sebelumnya.

Banyak pencari kerja yang tidak mengetahui jika lowongan pekerjaan yang anda lihat di internet dan Koran adalah 20% dari keseluruhan jumlah lowongan yang tersedia. Dan bayangkan jika 20% tersebut dihujani dengan banyaknya pengirim yang berpikir seperti anda. Pastilah kesempatan anda untuk diterima bekerja semakin kecil. Sebuah survey mengatakan bahwa dari 1 lowongan yang anda lihat, 4 yang lainnya tersembunyi dan mungkin tidak pernah anda ketahui. Bursa kerja terbesar adalah di lowongan yang tidak terlihat namun anda harus benar-benar smart untuk memasuki pasar tersebut.

Peluang anda untuk mendapatkan kerja lebih besar di lowongan tidak terlihat, namun ada suatu sarana untuk memasukinya yaitu networking. Persiapkan resume anda sebaik-baiknya dan sebarkan ke teman-teman anda. Memasuki lowongan yang tak terlihat seperti menambahkan 20 mata sekaligus saat anda mencari kerja, lebih mudah dan lebih cepat.

Ada 2 cara lagi untuk memasuki pasar lowongan yang tidak terlihat :
1. Masukkan lamaran ke perusahaan yang anda incar meskipun mereka tidak mengiklankan lowongan
2. Masukkan lamaran ke agensi

Jika nantinya anda tidak berhasil juga memasuki pasar lowongan tak terlihat, ubah strategi anda, namun tetap fokuskan diri ke pasar lowongan tidak terlihat. Anda akan tidak menyangka bagaimana resume anda dapat direspon dalam waktu yang tidak terduga.




Related Article:

5 comments:

milyarderindo.co.cc said...

Tips yang bagus bro

Replica Watches said...

Online online aja bos

Indonesia Ideal said...

cari kerja atau kerja cari kita

car insurance quote said...

its all depends on the mood)

Unknown said...

Felix A terima kasih infonya gan, siap ditindak lanjuti tipsnya

Post a Comment

 
© Copyright by TIPS DUIT  |  Template by Blogspot tutorial