Sunday, November 16, 2008

SUSAH NYARI KERJA? KENAPA GAK BERWIRAUSAHA?

SUSAH NYARI KERJA? KENAPA GAK BERWIRAUSAHA?

Di waktu yang seperti sekarang ini teramat sulit untuk mencari kerja dengan hanya mengandalkan ijasah apalagi dengan nilai yang pas-pasan,atau yang sudah bekerja kadang juga teramat sulit buntuk mengontrol keungan karna terkadang gaji kita tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan kita sehari hari dimana harga-harga kebutuhan tidaklah menentu sementara gaji pas-pasan..lalu apakah kita hanya berpangku tangan menrima begitu saja keadaan yang semakin sulit…??padahal begitu banyak peluang didepan kita jika kita bisa memaksimalkanya,kenapa tidak coba membuka usaha sendiri? Tuhan telah menciptakan kita otak yang sangat sempurna dengan jutaan ide,lalu knapa kita tidak memanfaatkanya dari pada kita muter-muter kesana kemari mencari lowongan dan mengantri sambil membawa ijasah..mungkin diantara kita pernah terbesit igin memulai usaha tapi tidak ada modal?memang terkadang modalah yang menjadi batu sandungan apalagi bagi kita yang baru terjun ke dunia wirausaha…tapi perlu saya ingatkan sekali lagi sebenernya banyak sekali ide untuk membangun sebuah usaha atau bisnis dengan modal kecil ataupun malah tanpa modal..banyak sekali disekitar kita yang sukses dengan modal kecil malah ada yang tanpa modal,tingal tergantung bagaimana kita memanfaatkanya..ingat jangan pernah takut gagal..optimislah karna itu adalah kunci sukses membagun sebuah usaha sendiri..tanpa melangkah kita tidaklah tahu apakah kita akan sukses?

Mungkin juga ada yang pernah berwirausaha tapi gagal…lalu drop, dan menyerah,terus kenapa gak kita pelajari kesalahan kita menggali dn mencari tahu kenapa kita bisa gagal,lalu memulai lagi bisnis itu dengan belajar dari kegagalan..justru dari kegagalan itulah tuhan telah melimpahakan berjuta pengalaman bagi kita ,untuk sebagai acuan bagi kita untuk memulainya lagi..

Sebagi bahan pertimbangan Inilah tips-tips untuk memulai sebuah usaha

1. START WITH A DREAM
Mulailah dengan sebuah mimpi. Semua bermula dari sebuah mimpi dan yakinkan akan produk yang akan kita tawarkan. A dream is where it all started : Pemimpilah yang selalu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dalam produk, cara pelayanan, jasa, ataupun ide yang dapat dijual dengan sukses. Mereka tidak mengenal batas dan keterikatan, tak mengenal kata “tidak bisa” ataupun “tidak mungkin”.

2. LOVE THE PRODUCTS OR SERVICES
Cintailah Produk Anda. Kecintaan akan produk kita akan memberikan sebuah keyakinan pada pelanggan kita dan membuat kerja keras terasa ringan. Membuat kita mampu melewati masa-masa sulit. Enthusiastism and Persistence : Antusiasme dan keuletan sebagai pertanda cinta dan keyakinan akan menjadi tulang punggung keberhasilan sebuah usaha yang baru.

3. LEARN THE BASICS OF BUSINESS
Pelajarilah fundamental business. BEYOND THE “BUY LOW, SELL HIGH, PAY LATE, COLLECT EARLY”: Tidak akan ada sukses tanpa ada sebuah pengetahuan dasar untuk business yang baik, belajar sambil bekerja, turut kerja dahulu selama 1-2 tahun untuk dapat mempelajari dasar-dasar usaha akan membantu kita untuk maju dengan lebih baik. Carilah Guru yang baik.

4. WILLING TO TAKE CALCULATED RISKS
Ambillah resiko. The Gaint that u will be able to achieve is directly proportional to the risk taken : Berani mengambil resiko yang diperhitungkan merupakan kunci awal dalam dunia usaha, karena hasil yang akan dicapai akan proporsional terhadap resiko yang akan diambil. Sebuah resiko yang diperhitungkan dengan baik-baik akan lebih banyak memberikan kemungkinan berhasil. Dan inilah faktor penentu yang membedakan “entrepreneur” dengan “manager”. Entrepreneur akan lebih dibutuhkan pada tahap awal pengembangan perusahaan, dan manager dibutuhkan akan mengatur perusahaan yang telah maju.

5. SEEK ADVICE, BUT FOLLOW YOUR BELIEF
Carilah nasehat dari pakarnya, tapi ikuti kata-kata kita. Consult Consultants, ask the experts, but follow your hearts. Entrepreneur selalu mencari nasehat dari berbagai pihak tapi keputusan akhir selalu ada ditangannya dan dapat diputuskan dengan indera ke enam-nya. Komunikasi yang baik dan kepiawaian menjual. Pada fase awal sebuah usaha, kepiawaian menjual merupakan kunci suksesnya. Dan kemampuan untuk memahami dan menguasai hubungan dengan pelanggan akan membantu mengembangkan usaha pada fase itu.

6. WORK HARD, 7 DAY A WEEK, 18 HOURS A DAY
Kerja keras. Etos kerja keras sering dianggap sebagai mimpi kuno dan seharusnya diganti, tapi hard-work and smart-work tidaklah dapat dipisahkan lagi sekarang. Hampir semua successful start-up butuh workaholics. Entrepreneur sejati tidak pernah lepas dari kerjanya, pada saat tidurpun otaknya bekerja dan berpikir akan bussinessnya. Melamunkan dan memimpikan kerjanya.

Nah sekarang,kenapa mesti takut untuk memulainya? daripada hanya diam tanpa usaha apa apa,inget sembilan dari sepuluh pintu rizki alloh swt adalah berwira usaha

Lakukan sekarang sebelum terlambat…..!!!!




Related Article:

2 comments:

NYoMaN said...

wah bagus nih memang kebanyakan lebih senang cari kerja daripada buat lapangan kerja :)

tatang said...

sy setuju, yg sembilan pintu rizki bisa sy dibagi ilmunya

Post a Comment

 
© Copyright by TIPS DUIT  |  Template by Blogspot tutorial