Wednesday, December 3, 2008

Hal-hal 'Sepele' Yang Menunjang Produktivitas

Produktif banyak diidentikkan dengan 'kerja keras' dan melelahkan. Tapi meningkatkan produktivitas sebenarnya juga dapat ditingkatkan dengan hal-hal sepele, asal Anda tahu bagaimana memanfaatkannya dengan baik.

1. Kursi kerja yang nyaman dan enak diduduki
Kursi yang terlalu keras, terlalu pendek atau terlalu tinggi dapat mengganggu kenyamanan Anda dalam bekerja. Pastikan Anda memakai kursi yang nyaman, terutama bila banyak bekerja sambil duduk.

2. Komputer yang baik dan sejajar mata
Gunakan keyboard komputer dengan tuts yang baik dan layar komputer yang sejajar dengan mata, komputer yang berfungsi dengan baik mampu mempengaruhi kelancaran dan produktivitas. Kenyamanan dan postur tubuh yang baik saat bekerja, akan membuat pikiran menjadi lebih jernih dan mengalir.

3. Bergeraklah, jangan duduk terus
Setiap setengah jam sekali, bangkitlah dari kursi dan tinggalkan meja kerja selama tiga hingga
lima menit. Gunakan waktu tersebut untuk merenggangkan tubuh dan menyegarkan pikiran. Setelah itu, segera kembali ke meja dengan konsentrasi dan kondisi yang lebih segar.

4. Batasi waktu di kantor
Buatlah aturan sendiri, berapa jam Anda menyelesaikan pekerjaan kantor dan kapan harus meninggalkan kantor.
Taati peraturan yang Anda buat tersebut, sehingga Anda dapat bekerja lebih efisien dan tidak dikejar-kejar tenggat. Semakin banyak waktu yang Anda miliki, semakin lama Anda menyelesaikan pekerjaan.

5. Buat daftar kerja
Agar lebih efisien dan efektif, tulislah daftar pekerjaan yang harus dikerjakan setiap harinya. Kemudian coretlah satu persatu begitu selesai mengerjakannya.

6. Sediakan buku catatan atau agenda khusus
Buang kebiasaan menulis catatan penting di sembarang kertas, persiapkan buku khusus atau agenda yang Anda bawa setiap saat. Sehingga bila ada ide yang melintas, dapat segera dicatat. Anda pun tak akan membuang waktu lagi untuk sibuk mencarinya.

7. Buat ruang kerja seringkas mungkin
Pastikan Anda punya tempat tersendiri untuk menyimpan alat-alat kantor, mulai dari klip kertas, pulpen, spidol, dll. Sehingga begitu butuh, Anda langsung tahu di mana mencarinya. Menurut beberapa survey, 75% pekerja menghabiskan waktu 15 menit setiap hari hanya untuk mencari barang yang sulit dicari.

Meski terlihat sepele, namun bila dipraktekkan dengan baik maka produktivitas kerja Anda akan meningkat dibanding sebelumnya.




Related Article:

1 comments:

nyoman said...

ini nih yang sering dilupakan

Post a Comment

 
© Copyright by TIPS DUIT  |  Template by Blogspot tutorial